HATI MUDAH GELISAH DAN TAK TENANG? LAKUKAN 4 AMALAN BERIKUT

Hati Mudah Gelisah dan Tak Tenang? Lakukan 4 Amalan Berikut

LUMRAH kehidupan, hati seseorang itu akan menjadi bolak balik seperti ada yang tak kena sehinggakan tiba-tiba berasa sedih, takut dan gelisah.

Sebagai manusia yang tidak lari dari melakukan kesilapan dan dosa sudah pasti akan ada titik hitam dalam hati yang kuat mempengaruhi emosi.

Tidak dinafikan apabila seseorang berdepan situasi ini, dia akan sedaya upaya mencari jalan keluar tetapi tahukah anda jalan yang terbaik untuk mencegah ketidakstabilan emosi dan menguatkan diri semula adalah dengan memohon pertolongan Allah SWT dan mengamalkan doa agar hati tenang.

Berikut 4 amalan yang dapat kamu lakukan.

1.Membaca dan Mendengarkan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an

Ayat-ayat suci al-qur’an dapat menjadi ubat penenang bagi hati yang yang sedang gelisah. Membaca atau bahkan hanya mendengarkan lantunan ayat-ayat al-qur’an dengan khusyuk dapat membuat hati kita tenang. Dengan hati yang tenang ini, kita jadi lebih fokus dan dapat berpikiran jernih.

2.Membaca Surat Yasin

Surat Yasin memiliki keutamaaan untuk menenangkan hati dan menentramkan pikiran. Bacalah dengan khusyuk agar maknanya tersampaikan. Setelah membaca surat yasin, berdoalah agar diberikan ketenangan batin, dihindarkan dari perasaan gelisah dan keresahan hati.

3.Mengerjakan Solat Sunat Tahajud

Sholat Tahajud memiliki manfaat yang luar biasa. Menjalankan shalat tahajud dapat membuat jiwa kuat serta membuat kita lebih tenang dalam menghadapi masalah. Berdasarkan sebuah hadist, shalat tahajud merupakan solat yang paling utama setelah solat wajib.

Seorang sahabat bertanya kepada Rasullah SAW, “Solat manakah yang paling utama setelah solat wajib?”

“Solat tahajud,” jawab Rasulullah SAW. (HR. Muslim)

Solat disepertiga malam dapat membuat hati kita tenang dan tenteram jika kita melakukannya dengan khusyuk.

4.Perbanyak Istigfar dan Dzikir

Istigfar dan dzikir menjadi salah satu amalan yang memiliki manfaat luar biasa. Dzikir merupakan amalan yang disukai Rasulullah SAW. Dengan berdzikir, kita akan selalu diberi kebaikan dan ketentraman.

Dalam al-qur’an disebutkan, “(yaitu) orang-orang yang berian dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.” (Q.S. Ar-Raad:28).

Dzikir juga dapat membantu meningkatkan kesabaran dan menenangkan pikiran.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.