5 KEUTAMAAN DAN BALASAN BAGI ORANG YANG SABAR DALAM ISLAM

 
Allah SWT berjanji memberikan mereka balasan baik bagi orang yang sabar. Hal ini bahkan sudah tercatat di dalam Al-Quran.
 
Inilah beberapa keutamaan dan balasan bagi orang yang sabar dan tercatat di dalam Al-Quran.
 
 
1. Disukai Allah SWT
 
Mereka yang sabar dalam menghadapi suatu masalah hidup, jelas hal itu sangat disukai Allah SWT.
 
Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imran ayat 146 yang artinya:
 

“Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.”

2. Diberikan petunjuk
 
Allah SWT akan selalu memberikan kabar baik/gembira, petunjuk bagi mereka yang kehilangan arah, keberkahan, dan rahmat-Nya kepada umat-Nya yang selalu bersabar.
 
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah 155 yang artinya:
 

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.”

 
3. Memberikan kebaikan setelahnya
 
Selain kedua hal tersebut, Allah SWT juga menjanjikan kepada orang-orang yang sabar menuai kesudahan yang baik setelah berhasil melewati cobaan dan ujian yang diberikan.
 
Janji ini tercantum dalam QS. Hud ayat 49 yang artinya:
 

“Itu adalah di antara berita-berita penting tentang yang ghaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad); tidak pernah kamu mengetahuinya dan tidak (pula) kaummu sebelum ini. Maka bersabarlah; sesungguhnya kesudahan yang baik adalah bagi orang-orang yang bertakwa.”

 
Selain itu juga tercantum dalam QS. Ar-Rad ayat 22 yang artinya:
 

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik).”

4. Keberuntungan
 
Allah SWT juga akan memberikan keberuntungan kepada mereka yang berlaku sabar. Hal ini tercantum dalam QS. Ali Imran ayat 200 yang artinya:
 

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”

5. Martabat yang tinggi
 
Keutamaan dan balasan bagi orang-orang yang sabar di akhirat kelak, Allah SWT menjanjikan martabat yang tinggi.
 
Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Furqan ayat 75 yang artinya:
 

“Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.’

Menjalani masalah hidup memang sukar, apalagi jika kita dituntut untuk sabar setiap kali menghadapinya. Namun, dari kesabaran yang dilakukan itu, Allah SWT akan memberikan beberapa hal baik kepada dirimu. Maka dari itu, jadilah orang yang sabar.

Kredit: Hijab Lifestyle

 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *